BREAKING

Inilah Jadwal Pendaftaran PPPK Tahap II dan Jadwal Penerimaan CPNS 2019

Pemerintah sudah merilis kabar bahwa akan ada penerimaaan PPPK di singkat P3K Tahap II serta penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2019. Bahkan Pemprov DKI juga akan membuka lowongan CPNS 2019 dengan berbagai persyaratan yang mesti dilengkapi dari sekarang. 
Penerimaa P3K Tahap II dan CPNS 2019

Seperti biasanya registrasi PPPK dilakukan melalui SSCASN atau Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara yang merupakan situs resmi pendaftaran PPPK, CPNS, dan sekolah kedinasan secara nasional. SSCASN dapat diakses dengan login sscasn.bkn.go.id sebagai pintu pendaftaran pertama seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) seluruh instansi pusat maupun daerah dan dikelola Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI sebagai Panitia Seleksi Penerimaan Nasional (Panselnas).

Agar pendaftaran PPPK Tahap 1 dan P3K Tahap II login di situs ssp3k.bkn.go.id, sedangkan pendaftaran CPNS 2019 melalui laman sscn.bkn.go.id. Berikut jadwal pendaftaran dan penerimaan selengkapnya:

PPPK atau P3K Tahap II


Masih dikutip dari Tribun Timur, Rekrutmen PPPK atau P3K 2019 dibagi menjadi dua tahap alias dua kali. Tahap pertama dilakukan Februari 2019 dan diprioritaskan bagi eks Tenaga Honorer K2 (THK 2) di tiga bidang.

Tiga bidang tersebut adalah tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, dan penyuluh pertanian.
Sementara tahap kedua, rekrutmen PPPK atau P3K digelar Mei 2019 untuk formasi umum. Untuk pelaksanaan PPPK atau P3K 2019 tahap I dilakukan setelah masing-masing instansi selesai melakukan perhitungan kebutuhan dan menyampaikannya kepada Kemen-PAN-RB dan BKN.

Pengadaan PPPK atau P3K untuk mengisi JPT utama dan JPT madya tertentu yang lowong dilakukan sesuai ketentuan mengenai tata cara pengisian JPT dalam peraturan perundang-undangan dan berkoordinasi dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Sementara pengadaan PPPK atau P3K untuk mengisi Jabatan Fungsional (JF) dapat dilakukan secara nasional atau tingkat instansi.

Berbeda dengan CPNS yang dibatasi maksimal 35 tahun atau pada jabatan tertentu hingga 40 tahun, tidak demikian dengan rekrutmen PPPK atau P3K. Syarat batas usia minimal peserta PPPK atau P3K adalah 20 tahun dan maksimal satu tahun sebelum batas usia pensiun untuk jabatan yang dilamar.

Misal, untuk tenaga guru yang batas usia pensiunnya 60 tahun, bisa dilamar oleh warga negara Indonesia yang berusia 59 tahun.

Jadwal CPNS 2019


Seiring pengumuman rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK/P3K) itu, pemerintah sebelumnya melansir jadwal penerimaan CPNS 2019. Hanya saja berbeda dengan pendaftaran P3K atau PPPK 2019 yang sudah dibuka, jadwal pendaftaran CPNS yang awalnya dimulai Maret 2019 kini ditunda.

Menteri Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi atau Menpan RB, Syafruddin mengatakan pengumuman resmi seleksi CPNS 2019 bakal dikeluarkan pada kuartal III 2019. Sementara tes CPNS bakal diadakan pada Juni 2019. "Rekrutmen CPNS 2019 akan digelar bulan enam," katanya beberapa waktu lalu.

Namun, pelaksanaan CPNS 2019 hanya digelar di tiga provinsi. Satu daerah tersebut adalah Sulawesi Tengah yang proses seleksi CPNS 2018 tertunda lantaran adanya bencana alam. Rekrutmen CPNS 2019 juga akan berlangsung di Papua dan Papua Barat yang juga sempat tertunda.

"Mohon untuk dipahami, seleksi CPNS pada bulan maret 2019 hanya untuk daerah yang tahun lalu TERTUNDA penyelenggaraan nya yaaa," lanjut akun @kemenpanrb.

Seorang netter pun kembali bertanya, bagaimana dengan kabar akan adanya rekrutmen CPNS pada Mei 2019. Lagi-lagi akun @kemenpanrb menjawab, hingga saat ini, belum ada informasi lebih lanjut apakah akan ada rekrutmen CPNS kembali pada 2019 atau tidak.

"Jika ada pasti akan kami informasikan kepada kalian yaaa," tulis @kemenpanrb.

Pemprov DKI Jakarta Pasti Buka Lagi Lowongan CPNS 2019. Sementara itu, berdasarkan informasi, Pemprov DKI Jakarta dipastikan bakal membuka lagi lowongan CPNS 2019. Agar bisa mendaftar,sebaiknya para peminat lowongan CPNS 2019 melengkapi berkas-berkas untuk lamaran CPNS 2019 Pemprov DKI sejak sekarang.

Ya, tahun 2018 lalu Pemprov DKI Jakarta membuat beberapa syarat yang berbeda dengan lamaran CPNS di instansi lain. Oleh karena itu persyaratan tersebut harus dilengkapi mulai dari sekarang.   Beberapa persyaratan yang mesti dilengkapi untuk mendaftar CPNS 2019 Pemprov DKI adalah TOEFL. 

Anda mempersiapkan TOEFL sebaiknya mulai bulan Mei 2019. Dengan begitu ketika CPNS 2019 Pemprov DKI dimulai antara bulan Juni sampai September 2019, TOEFL Anda belum kadaluarsa.  Sebab TOEFL yang diterima Pemprov DKI hanya berusia enam bulan saja. Tahun 2018 Pemprov DKI meminta TOEFL dengan nilai 400.

Maka untuk tahun 2019 sebaiknya persiapkan TOEFL dengan nilai 450 atau 500. Apabila hendak lebih siap lagi, maka sebaiknya persiapkan juga sertifikat IELTS. Berikutnya yang harus disiapkan adalah sertifikat akreditasi program studi, serta legalisir ijazah dan transkrip nilai. 



Tentang ""

Blog yang berisi artikel/tulisan seputar dunia pendidikan secara umum, serta Media Pembelajaran Email : infoptkdotcom@gmail.com Facebook : https://www.facebook.com/infoptkdotcom.

1 komentar:

Silahkan berikan komentar dan jawaban pertanyaan dari saudara kita demi kemajuan kita bersama

 
Copyright © 2018 Info PTK | Cek Dapodik | Info GTK
Design by Infotpk | Distributed by Infoptk.