Tempat Cek PTK / GTK | Gudang Informasi bagi guru dan Penerimaan CPNS

Cara Mudah Mengusulkan NUPTK Melalui Verval GTK http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id/app/home

Saat ini Pemerintah memberikan peluang serta cara yang mudah dalam pengusulan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) di situsa aplikasi Verval GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) dilakukan oleh operator sekolah. Dalam proses pengajuan NUPTK, operator sekolah tidak perlu lagi mengajukan NUPTK untuk setiap guru.
Penerima NUPTK Baru


Operator sekolah cukup melihat daftar Calon Penerima NUPTK melalui website Verval GTK. (http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id/app/home). Selanjutnya operator sekolah melampirkan scan dokumen asli yang menjadi persyaratan penerbitan NUPTK. Persyaratan yang dikirim oleh operator sekolah akan diverifikasi oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Setelah lolos verifikasi dokumen persyaratan, Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) akan menerbitkan NUPTK. Operator sekolah dapat melihat sejauh mana proses pengajuan NUPTK melalui aplikasi Verval GTK di status pengajuan NUPTK. 

Supaya dapat melakukan operasional di aplikasi verval GTK, operator sekolah dan operator Dinas Pendidikan Kab atau Kota yang sudah terdaftar tetap harus melakukan registrasi ulang di www.sdm.data.kemdikbud.go.id. Operator harus melampirkan SK Penugasan pengelolaan verval GTK. Guru yang belum memiliki NUPTK namun ingin memilikinya harus aktif terdata di aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) memenuhi syarat yang telah ditetapkan. Kemudian memindai/scan dokumen lalu menguploadnya di web aplikasi verval GTK. Dokumen tersebut antara lain:


  1. 1. Bagi PNS/CPNS dokumen yang discan adalah SK PNS/CPSN dan SK Penugasan dari Dinas Pendidikan.
  2. 2. Bagi Guru non PNS sekolah negeri SK pengangkatan yang ditandatangani Kepala Daerah BUPATI/WALIKOTA/Gubernur.
  3. 3. Bagi guru non PNS sekolah swasta adalah SK Pengangkatan sebagai guru Tetap Yayasan 2 tahun berturut-turut.
  4. 4. Ijasah setara SD, SMP, SMA, dan S1.


Labels: guru

Thanks for reading Cara Mudah Mengusulkan NUPTK Melalui Verval GTK http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id/app/home. Please share...!

24 komentar on Cara Mudah Mengusulkan NUPTK Melalui Verval GTK http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id/app/home

  1. Mohon maaf sebelumnya, sya ingin bertanya seputar permasalahan di verval GTK ini. Kemarin saya mengajukan NUPTK bagi guru yg belum punya NUPTK melalui verval GTK ini awal berjalan lancar dan sedang dalam proses, akan tetapi kemarin saya cek di Data PTK mengapa sebagian PTK yang saya ajukan NUPT keterangan di status validasi menjadi NUPTK invalid? mohon bimbingannya, trmksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf sebelumnya... saya sebagai operator telah melakukan proses pengajuan NUPTK sesuai prosedur diatas... tetapi sampai sekarang sudah lebih dari 6 bulan tidak ada perkembangannya...

      Hapus
  2. saya mau bertanya pak, kalau SKnya dari kepala dinas bisa gak ya ? terimaksih

    BalasHapus
  3. izin share:
    ala-guru.b;ogspot.com

    BalasHapus
  4. Saya berbagi informasi tentang Nuptk,sudah 8 bulan saya ajukan masih tahap proses....tetapi saya liat link d atas cara cepat mendapatkan NUPTK....
    Gmn caranya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung ke Disdik aja pak, di bagian GTK. Minta di approve datanya. Klo disdik udah approve ke LPMP lagi minta di approve datanya

      Hapus
  5. izin, saya sudah mengajukan 8 bulan yang lalu tapi sampai sekarang belum direspon sama sekali

    BalasHapus
  6. izin,8 bulan lalu saya saya apload syarat pengajuan NUPTK, dengan salah satu memakai sk sekolah, apakah ditrima atau tidak ? mohon jwbnnya,

    BalasHapus
  7. mau tanya bagaimana kalau SK pertama nya dari Kepala Sekolah.terima kasih info nya.

    BalasHapus
  8. Kenapa sampe bertahun tahun dinas mengapprovenya.....

    BalasHapus
  9. Mohon maaf saya mau tanya kalo untuj guru non pns yang tdk punya sk bupati atau kpala dinas apakah bis mengajukan ?

    BalasHapus
  10. Saya sudah lama mengajukan nuptk saya tp smpai saat ini msh blm di proses...

    BalasHapus
  11. OperTor sekolah sudah mengajukan penerbitan nuptk, tapi sampai sekarang lom ada. Padahal saya lulus pretes ppg dan ini mau pemberkasan untuk pgg 2019 syaratnya ada no nuptk padahal nuptk saya belom ada. Jadi tolong infonya n penerbitan nuptknya di perlancar ya pak/ibu.

    BalasHapus
  12. Stlh upload berkas2, silakan dtg ke kntr dinas pendidikan dg bawa dokumen asli utk diteliti operator dinas. Jk memenuhi prsyaratan, akan langsung di approve. Pastikan bp/ibu bnr2 melihat bhwa sdh di approve. Krna pngalaman sy,sdh ke dinas&dinyatakan approve, trnyata stlh cek d dapodik blm approve

    BalasHapus
  13. Kalau belum punya ijazah S1,bisa ngajukan NUPTK apa tidak?

    BalasHapus
  14. Kalau sk nya dari kepala sekolah

    BalasHapus
  15. Saya baru mau ajukan urus NUPTK saya mengajar dipaud sudah berjalan 5 tahun
    Yg jadi masalah operator sekolah
    bukan S1bagaiman cara saya mengajukan untuk mengurus NUPTK tsb terimakasih

    BalasHapus
  16. mohon informasiny udah 6 bulan nunggu tau-tau permohonan pngajuan NUPTK anda ditolak.keterangan ktany SK penugasan kadaluarsa gmna tuh bpak ibu

    BalasHapus
  17. saya sudah mengajukan nuptk sudah aprove dinas sampai LPM ditolak katanya kurang Sk 3 tahun tetapi saya mau uploud data sk yang kurang kok dibuka nggak bisa (terkunci) ya mohon bantuannya.

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  19. Sy sdh 10 th jdi guru di sekolah swasta,menjadi guru tetap sdh 6 thn, sdh menunggu 6 thn NUPTK blm terbit juga.sy jg bingung apa krn blm lulus pretes ?

    BalasHapus
  20. Saya sudah lama pengajuan NUPTK sudah di approve disdik... Trus tinggal dia Approve LPMP... Tapi kok proses sya tunggu berbulan bulan belum di approve LPMP juga .. mohon pencerahannya gmana caranya agar secepatnya LPMP meng approve pengajuan NUPTK saya

    BalasHapus
  21. Saya menggunakan Verval PTK untuk pengajuan NUPTK seorang guru, tapi kenapa sudah 7 bulan belum di aprove2 oleh LPMP??

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar dan jawaban pertanyaan dari saudara kita demi kemajuan kita bersama

Back To Top