Juknis BOS Tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK 2016

- 15:09

Juknis BOS Tingkat SMA 2015
Juknis BOS Tingkat SMA 2015 dan 2016 - Setiap tahun pemerintah melalui kementrian pendidikan selalu memperbarui Petunjuk Teknis (juknis) juknis BOS Sekolah Menengah Atas (SMA) sampai Sekolah Dasar, kali ini infoptk.com akan membagikan Juknis BOS SMA, SMK, SMP, dan SD.


Berikut ini adalah cuplikan isi dari Buku Panduan Teknis BOS SMA

TUJUAN

Secara umum program BOS SMA bertujuan untuk mewujudkan layanan pendidikan yang terjangkau dan bermutu bagi semua lapisan masyarakat. Sedangkan secara khusus bertujuan:

  1. Membantu biaya operasional sekolah non‐personalia.
  2. Mengurangi angka putus sekolah SMA.
  3. Meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) siswa SMA.
  4. Mewujudkan keberpihakan pemerintah (affimative action) bagi siswa miskin SMA dengan membebaskan (fee waive) dan/atau membantu (discount fee)  tagihan biaya sekolah bagi siswa miskin.  
  5. Memberikan kesempatan yang setara (equal opportunity) bagi siswa miskin SMA untuk mendapatkan layanan pendidikan yang terjangkau dan bermutu. 
  6. Meningkatkan kualitas proses pembelajaran di sekolah. 

SASARAN PROGRAM DAN BESAR BANTUAN

Sasaran program adalah untuk SMA Negeri dan Swasta di seluruh Indonesia. Besar bantuan per sekolah diperhitungkan dari jumlah siswa, dengan perhitungan sebagai berikut:

  1. Bantuan yang diterima sekolah dihitung berdasarkan jumlah siswa per sekolah dan satuan biaya BOS SMA. Satuan biaya nasional (unit cost) program BOS SMA sebesar Rp. 1.200.000/siswa/tahun. Sehingga total anggaran program BOS SMA tahun anggaran 2015 sebesar Rp. 5.347.291.800.000. 
  2. Untuk penyaluran periode Januari‐Juni sebesar Rp 600.000/siswa dan periode Juli‐Desember sebesar Rp. 600.000/siswa. 

Terima kasih telah berkunjung dan membaca postingan infoptk.com dengan judul : Juknis BOS Tingkat SMA 2015. (Baca juga : BOS SMA SM/SMK Wajibkan NISN)

Sumber : bos.kemdikbud.go.id
Advertisement

2 komentar

avatar

kenapa siswa yang hilang gak muncul di kolom residu?

avatar

maaf sedikit curhat pak.., saya bertugas didaera khusus tapi data dapodik saya tidak masuk daerah khusus sementara teman2 saya masuk daerah khusus, n semua cairmi tunjangannya untuk 2017

Silahkan berikan komentar dan jawaban pertanyaan dari saudara kita demi kemajuan kita bersama
EmoticonEmoticon

 

Sila Ketik dan Tekan Enter