BREAKING

Tunjangan Guru Akan di Naikan Pada Tahun 2018

Pemerintah pada APBN 2018 tidak menaikkan gaji Guru namun akan menaikkan Tunjangan guru melalui tunjangan guru yang ada di Indonesia. Salah satu porsi alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2018 mendatang adalah untuk program pendidikan. Untuk menunjang pendidikan yang berkualitas pemerintah menaikkan tingkat kesejahteraan guru melalui peningkatan tunjangan khusus bagi pendidik.
Menteri Keuangan

Sri Mulyani mengatakan anggaran Tunjangan Profesi Guru (TPG) pada RAPBN 2018 sebesar Rp 79,6 triliun. Anggaran naik 6 persen dari alokasi tahun ini, sekitar Rp 75,2 triliun. 

Anggaran ini dialokasikan melalui Dana Transfer Daerah yaitu sebesar Rp58,3 triliun atau naik dari alokasi tahun ini, Rp52,8 triliun. Anggaran tersebut diperuntukkan bagi 3,9 juta guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) Daerah.

"Salah satu faktor penting dalam efektivitas pendidikan adalah kualitas guru. Untuk itu, pemerintah tetap memperhatikan anggaran untuk guru, antara lain dalam bentuk pemberian TPG," kata Sri yang infoptk.com kutip dari Republika (01/09/17).

Selain PNS Daerah, para Guru yang berada di bawah lingkup Kementerian Agama (Kemenag) juga mendapatakan tambahan tunjangan. Pemerintah juga mengalokasikan tunjangan profesi kepada 257.209 guru PNS sebesar Rp11, 6 triliun melalui Kemenag.


Sedangkan bagi guru non PNS, pemerintah mengalokasikan tunjangan sebesar Rp4,9 triliun melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Rp4,8 triliun melalui Kemenag. Anggaran tunjangan tersebut diperuntukkan bagi 222.204 guru Non PNS Kemendikbud dan 213.654 gurun Non PNS Kemenag yang telah lulus sertifikasi.

"Pemerintah terus berupaya agar pemberian TPG berdampak terhadap peningkatan kualitas pelayanan pendidikan," kata Menteri Keuangan pada Sidang Paripurna DPR (31/8)

Tentang ""

Blog yang berisi artikel/tulisan seputar dunia pendidikan secara umum, serta Media Pembelajaran Email : infoptkdotcom@gmail.com Facebook : https://www.facebook.com/infoptkdotcom.

18 komentar:

  1. Biarpun TPG dinaikan kalu Pembayarannya masih seperti pola lama yang ribet, setiap triwulan pemberkasan ulang dan segala macam persyaratan yang harus terpenuhi maka tidak akan berdampak positive pada kwalitas pembelajaran dan profesional guru.

    BalasHapus
  2. Jangan salah tafsir. Jumlah tunjangan naik karena jumlah guru yang lulus sertifikasi bertambah banyak.

    BalasHapus
  3. Saya tdk mmpersoalkan naik tdk nya yg penting rutin dn gk ribet dan smg scptnya km yg sdh si bener2 d setarakan gjinya .aamiin

    BalasHapus
  4. terima kasih pemerintah semoga guru bisa sejahtera seperti negara tetangga malaysia

    BalasHapus
  5. Saya guru bk di sma punya nuptk dan mengajar 24 jam namun tidak dapat tunjangan apapun

    BalasHapus
  6. Untuk guru sertifikasi saja,,Guru honor yg blm sertifikasi dpt apa..? Harapan satu2nya TF,TF malah di hapus..

    BalasHapus
  7. Untuk guru sertifikasi saja,,Guru honor yg blm sertifikasi dpt apa..? Harapan satu2nya TF,TF malah di hapus..

    BalasHapus
  8. Untuk tpp guru smk non pns yg periode juli-des 2017 sy dn bbrp guru msh blum trim 3 bln. Bagaimana utk kelanjutannya apakah tpp akan tetap dibayarkan?

    BalasHapus
  9. Yg negri PNS SY KIRA CUKUP G USAH DINAIKKAN LAGI, LEBIH PRIHATIN LAGI NASIB GURU SWASTA MESTINYA DIPERHATIKAN

    BalasHapus
  10. Bagaimana nasib Guru Terpencil !!!! Tak ada sinyal, jalan kubangan lumpur, rumah tak layak huni dan tak ada listrik masuk Tapi tetap saja tidak ada dapat Tunjangan Terpencil Nasibbbbb Guru Garis Depan

    BalasHapus
  11. naik terus, sedangkan yang honor, dihapus....................miris, guru honor tidak bisa beli beras.

    BalasHapus
  12. saya guru BK di SMP swasta , berkali kali - saya ikut tes untuk sertifikasi tapi sayang belum pernah berhasil , padahal masa kerja saya sudah 22 tahun . kalau saya lihat banyak guru2 masa kerja nya masih sedikit tapi sudah lulus sertifikasi. bahkan PPG bulan Nofember aja yg lulus banyak yg belum punya NUPTK ? sedang kan saya yg punya NUPTK aja tdk lulus lagi.
    sampai saya berfikir bagaimna cara penilaiannya ????
    kapan yaaa giliran saya ??????

    BalasHapus
  13. gimana yah cara memperbaiki data serttifikasi

    BalasHapus
  14. Mohon di perhatikan juga untuk tunjangan Bendahara BOS seluruh indonesia, terutama yang belum PNS atau belum bersertifikasi, agar mereka mendapat tunjangan dari negara sesuai dengan kebutuhanya dan jenjangn pendidikanya, karena tgas dari bendahara bos itu sangat luar biasa tanggung jawabnya...terimakasih....mohon pencerahanya...

    BalasHapus
  15. kalau dana sertifikasi transfer daerah masih berlaku sampai sekarang, maka buapati walkot bisa berbuat seenaknya. artinya guru tinggal menghitung bulan yang gak pernah sampai

    BalasHapus
  16. Ach masa iya sih guru non PNS SEJAHTERA ??.... Banyak masalah kok tata kelola BIROKRASI NYA....Biasa anak emasnya kan PNS...

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar dan jawaban pertanyaan dari saudara kita demi kemajuan kita bersama

 
Copyright © 2018 Info PTK | Cek Dapodik | Info GTK
Design by Infotpk | Distributed by Infoptk.