BREAKING

Pembayaran TPG Tunjangan Sertifikasi Dimulai Bulan Juni 2017

TPG atau tunjangan profesi guru untuk triwulan kedua (II), periode April, Mei, dan Juni tahun 2017 dibayarkan mulai Juni. Walaupun pencairan di tingkat daerah untuk guru di bawah pemerintahan daerah sering terlamabat semoga untuk triwulan kedua bisa lebih cepat, pencairan TPG untuk 1,2 juta guru yang berhak menerima pada 6 bulan awal 2017 sebagaimana SK dirjen per 6 bulan. Khususnya guru pegawai negeri sipil daerah (PNSD). Penyaluran uang TPG guru PNSD disalurkan dari rekening kas umum negara (RKUN) ke rekening kas umum daerah (RKUD).
Jadwal Pembayara TPG 2017

Meski sudah berada di kas daerah, ternyata kadang uang TPG untuk guru PNSD belum bisa tersalurkan. Sebab, ada beberapa pertimbangan dalam pencairannya. Di antaranya, harus menunggu surat keputusan (SK) pencairan TPG yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Selain itu, misalnya harus menunggu petunjuk teknis (juknis).

Mendikbud Muhadjir Effendy tidak menampik terjadinya keterlambatan pembayaran TPG untuk guru PNSD. Ia meminta alangkah baiknya kalau mendidik diri sendiri untuk lebih banyak bersyukur. Semua pihak lebih sering melihat ke bawah ketimbang lebih suka mendongak ke atas.

"TPG memang terlambat. Tetapi, kan masih ada harapan untuk dapat," kata Mendikbud yang Infopt.com lansir dari laman Jawa Pos (12/06/17).

Menurut Mendikbud, guru PNSD yang merasakan keterlambatan pencairan TPG diharapkan melihat kondisi rekan-rekan sejawatnya. Sebab, masih banyak guru PNSD maupun swasta yang sama sekali belum berkesempatan memperoleh TPG. Yaitu tunjangan bagi guru yang telah sertifikasi sebesar gaji pokok.

Pencairan TPG triwulan kedua di rencanakan lebih cepat karena masih mengacu pada SK dan Juknis yang sama yakni SK Januari sampai Juni masih terhitung tahun pelajaran 2016–2017, dimana SK berlaku untuk satu semester.

Tentang ""

Blog yang berisi artikel/tulisan seputar dunia pendidikan secara umum, serta Media Pembelajaran Email : infoptkdotcom@gmail.com Facebook : https://www.facebook.com/infoptkdotcom.

36 komentar:

  1. Biar lambat....asal selamat !! Bersabarlah saudaraku

    BalasHapus
  2. Sesungguhnya sabar lebih baik...... kawan

    BalasHapus
  3. skpt sudah keluar tanggal 12 mei 2017 tapi sampai sekarang belum cair kira2 kapan yah mohon info

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum. Dipropinsi banten terutama guru sma/smk sudah 2 triwulan ini januari s.d juni blm juga menerima tunjangan profesi guru ini. apa yg menjadi penyebabnya.. di mohon penjelasannya... wassalam

    BalasHapus
  5. Tunjangan profesi guru sudah 6 bulan ini untuk guru sma/smk di propinsi banten blm juga cair.. apa hambatannya

    BalasHapus
  6. Jangan kan triwulan .2 triwulan 1 aja blm cair di propinsi banten unt guru2 sma/smk

    BalasHapus
  7. SK INPASING GBPNS sudah ada sejak 2011, pernah menerima penyesuaian kl 2 semester ,tapi penerimaan dua semester yll masih sama, hanya kl 14.230.00.. setiap tri wulan. kpn ya sk inpasing disesuaikan lagi. katanya ada sk inpasing aspal. apa benar. kok bisa begitu ya..

    BalasHapus
  8. Kenapa ya, pak tunjangan sertifikasi triwulan 2, Blm Cair juga. Padahal status di info gtk realisasi pembayaran SPP Tgl 20 juni 2017. Kok di BRI sdh Tgl 10 Juli 2017 Blm Cair juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai skrg udh tgl 26 09 2017, uang sertifikasi tw 2 aj blum keluar apalgi tw 3. fan minggu depan udh masuk tw 4.
      Bgaimana ini
      Tlg dong infonya....

      Hapus
  9. SK IMPASING sdh keluar sejak th 2010 TPG sdh diterima sesuai SK IMPSING sd th 2015 kenapa th 2016 TPG hanya dikeluarkan tdk sesuai sktp maupun sk impasing? Th 2017 malah dikeluarkan kembali awal.sebelum impasing lagi,padahal sdh diurus kekemendikmud berkali kali,mohon minta penjelasannya

    BalasHapus
  10. Kenapa pencairan dana TPG utk guru swasta tdk lg sesuai dg sk impasing? dan semakin amburadul ?ada yg dikurangi ada yg tetap dan ada yg kembali dasar lg ,

    BalasHapus
  11. Yth.pihak berwenang pencairan sertifikasi guru 2017_, kami di kab.pessel ,prov.sumbar , msh menunggu hingga sekarang. Sudah 2 triwulan. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama di kab. Sukabumi pun bahkan tahun lalu terutang 2 Bulan plus tahun ini 6 Bulan.

      Hapus
  12. yth.yang berwenang tunjangan guru....kenapa tunjangansergur lambat cairnya....saya ngajr diswasta mengharap banget.....

    BalasHapus
  13. Menurut saya koq rada aneh ya. Keterlambatan itu harusnya diperbaiki mekanisme dan sistemnya. Bukan gurunya yang harus bersabar. Kalau sabar sih pasti lah semua guru insya Allah sabar. Sertifikasi guru itu tidak datang tiba-tiba, tapi melalui perjuangan juga. Jadi yang belum bersertifikasi ya harus berjuang, bukanya yang sudah sertifikasi harus melihat yang belum sertifikasi. Itu namanya mundur. Hanya sekedar pendapat saja, karena saya bukan guru.

    BalasHapus
  14. kemelut yang terjadi pada guru itu semua sama. mereka termasuk saya jg mengharap tpg it tepat waktu.
    hanya tpg yang menjadi harapan para guru.
    keluar tiap tiga bulan, maka sudah tiga bulan pula para guru swasta mencari biaya hidup dalam 3 bln. ngotang sana sini yang jadi jaminan tpg.

    BalasHapus
  15. Jangan melihat keatas, lihat ke bawah???
    Menurut saya terdengar seperti Gambaran dari pemerintah yang tidak memiliki disiplin dan kemauan untuk berbenah diri

    BalasHapus
  16. Guru sma dan smk se banten pasti bersabar, tapi sabar itu ada batasnya guru juga perlu tahu apa yg menyebabkan terlambat, karena setiap hari selalu menunggu dan menunggu, segera cairkan pak supaya guru tenang dan konsentrasi mengajar anak bangsa

    BalasHapus
  17. Untuk kota medan triwulan 1 sudah keluar tapi tidak merata, masih banyak yang belum termasuk saya. Mohon infonya

    BalasHapus
  18. sejak 2008, percairan sertifikasi selalu terlambat. kapan beresnya? ini waktu yang lama tidak beres2.

    BalasHapus
  19. Pencairan TPG paling cepat bulan Juni atau paling cepat bulan September. Mengapa tidak memakai istilah paling lambat, sehingga tidak ada lagi alasan untuk mengulur pencairan. Atau biar aman memakai istilah paling cepat

    BalasHapus
  20. TPG tahap II (Apr, Mei, Jun) kabupaten Halmahera Utara provinsi Maluku Utara sampai saat ini (Agustus 2017) belum dicairkan. Alasan keterlambatan ini belum diketahui guru.

    BalasHapus
  21. Saya Pengawas di Kota Bima juga dari smstr 1 aja belum ada sk apalagi smster 2,sementara yang sebahagian sudah cair....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skg udh keluar blm sk nya pak

      Hapus
  22. kalau menyangkut dengan uang orang selalu tidak ada jujurnya bermacam cara di tempuh untu mencapai tujuan tidak tentu itu apakah itu hak dia atau bukan dan selalu berdalih untuk menutupi nya .....bengitu juga dengan dana sertifikasi guru ....

    BalasHapus
  23. Mending lebih bersyukur sudah sertifikasi.....
    Ap lg kita yg menuggu fungsional setahun baru cair se x. It pun belum di terima.

    BalasHapus
  24. SK Pencairan TPG di nyataksn cait.
    Setelah di cek di Bank Mandiri tertera di CLOSE bgm cata pencairan nya mohon pencerahan...
    Balas

    BalasHapus
  25. Sertifikasi di Banten belum cair,apa masalahnya?




    BalasHapus
  26. Lha...kalau info inpassing kapan ya?
    ini sudah kirim berkas beberapa bulan yang lalu di tahun yang lalu tapi belum ada kabar??
    mohon infonya, biar tenang...sudah sampai belum tuh berkas, takutnya nyasar.
    trima kasih

    BalasHapus
  27. gimana pendidikan mau maju klu guru gak sejahtera..? untuk makan aja harus cari kerja di luar..! gimana mau pokus ngajar..?

    BalasHapus
  28. bersabar....bersabar....dan bersabar menunggu TPG ...ga papa klo terlambat asal ga ada potongan, seperti yang sudah,,,,!!!!!

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. DAPODIK SAYA PADA TRIWULAN 3 KENAPA TIDAK DITEMUKAN PADAHAL NO IKG SUDAH DI CANTUMKAN PADA INFO GTK

    BalasHapus
  31. saya guru smkn1 kabanjahe karo sumut,tahun ini saya belum menerima TPG ,pada hal saya sedang mengikuti PKG Multimedia,mohon penjelasan

    BalasHapus
  32. Sy gr tk pns dr januari smp juni udh 6 bln sk saja blm keluar bgm ini apakah msh tetap akn keluar sk sedangkn skr sudh bln oktober

    BalasHapus
  33. terlalu banyak orang pintar di indonesia, jadi banyak yang mau tampil dengan mengajukan program atau aplikasi terbaru mengenai sertifikasi, akibat mau tampil tersebut serta ada unsur mencari proyek tambahan. akibatnya merugikan orang lain terutama guru sebagai peranan penting program tersebut. dana cair tidak tahu kapan keluarnya, sedangkan presiden sudah perintahkan untuk mencairkan tepat waktu. pertanyaan mana...kasihan presiden perintahnya tidak di dengar oleh bawahannya.semoga mereka lekas sadar dan mau mempercepat dan memperbaiki kesalahannya.

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar dan jawaban pertanyaan dari saudara kita demi kemajuan kita bersama

 
Copyright © 2017 Info PTK | Cek Dapodik | Info GTK
Design by Infotpk | Distributed by Infoptk.