BREAKING

Syarat Sertifikasi Guru yang Diangkat Sebelum 2016


Setelah terbitnya Permendikbud 29 Tahun 2016 tentang Sertifikasi bagi Guru yang Diangkat Sebelum Tahun 2016. maka Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 5 Tahun 2012 tentang Sertifikasi Bagi Guru Dalam Jabatan dinyatakan dicabut dan tidak berlaku lagi.

Permendikbud nomor 29 Tahun 2016 ini ditandatangani di bulan Agustus 2016 lalu oleh Mendikbud Muhajir Effendy, jadi mereka yang mengikuti sertifikasi guru sudah berpedoman pada Permendikbud ini. Ada beberapa poin penting dalam Permendikbud nomor 29 tahun 2016 ini antara lain perihal UKG dan syarat sertifikasi guru (sergur).

Sertifikasi diikuti guru yang memenuhi syarat sebagai berikut:


a. memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV);

b. berstatus sebagai guru CPNS, PNS, atau guru tetap;

c. memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK);
d. terdaftar pada Daftar Pokok Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan; dan

e. telah mengikuti UKG sebelum PLPG, khusus bagi guru yang diangkat setelah Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen diberlakukan sampai dengan 31 Desember 2015 memiliki hasil UKG sebelum PLPG dengan nilai paling rendah 55.

Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) adalah salah satu pola sertifikasi guru yang diangkat sebelum Tahun 2016 yang memenuhi persyaratan sesuai dengan Peraturan Menteri ini. PLPG diselenggarakan sampai dengan tahun 2019 oleh lembaga pendidikan tenaga kependidikan yang ditetapkan oleh Kemendikbud.

Guru yang memiliki nilai UKG pada awal PLPG paling rendah 80 dan memperoleh nilai PLPG paling rendah “baik” diberi sertifikat pendidik langsung tanpa mengikuti UKG pada akhir PLPG. Guru yang belum memperoleh nilai tersebut dapat mengikuti Ujian Ulang PLPG paling banyak 4 kali dalam jangka waktu 2 tahun tanpa melalui proses PLPG lagi.

Tentang ""

Blog yang berisi artikel/tulisan seputar dunia pendidikan secara umum, serta Media Pembelajaran Email : infoptkdotcom@gmail.com Facebook : https://www.facebook.com/infoptkdotcom.

2 komentar:

  1. Saya guru SD di mojokerto yang tahun lalu tidak lolos verìfikasi plpg karena ijazah tidak linier. Saya berijazah bhs inggris sêmntara saya terdaftar sebagai guru kelas. Tahun saya kembali tidak bs ikut plpg padahal saya sdh memiliki ijazah pgsd (linier). Alâsannya karena plpg thn ini hanya untuk mêreka yg sdh lolos A1nya thn 2016. Masih adakah peluang bagi saya utk terjaring plpg thn depan? Nilai ukg saya 96,74. Apa tidak ada prioritas utk itu?

    BalasHapus
  2. MOJOOON DENGAN HORMAT KEPADA BPK MENTERI UNTUK MENINJAU NDAN MEMEPERTIMBANGKAN LAGI, AGAR DI JENJANG TK TIDAK DIBERLAKUKAN RASIO GURU MURID 1:15 , TERLALU AMAT SANGAT BERAAT...KL 1:10 MASIH BS DIUSAHAN...BKN MSLH KUALITAS LEMBAGA/GURU, AKAN TETAPI PPADA TIAP TH ANAK USIA TK JG YIDAK SELALU TERUS BANYAK..DITAMBAH BANYAKNYA BERDIRI KB.SPS PAUD,TPA..DLM 1 RW BS 3-4 LEMBAGA//JG SANGAT BERPENGARUH TERHADAP JUMLAH SISWA BARU/TAHUN,JG MENYEBABKAN HUB ANTAR GURU MENJADI KURANG HARMONIS KRN BEREBUT MURID UTK BS SELALU MEMENUHI SYARAT MENDAPATKAN TPG/SERTIFIKASI..KL UTK GURU PNS MASIH ADA GAJI..KL GURU NON PNS MESKIPUN SUDAH DAPAT SERTIFIKASI TAPI HONOR MASIH 100-200..TERUS MAKAN APA SEANDAINYA TIDAK DAPAT TPG/SERTIF....PADAHAL TG JWB DAN BEBAN PEKERJAAN JG JAM NYA SAMA...MOHOOON UNTUK DITINJAU/DIKAJI KEMBALI TRMKSH/

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar dan jawaban pertanyaan dari saudara kita demi kemajuan kita bersama

 
Copyright © 2017 Info PTK | Cek Dapodik | Info GTK
Design by Infotpk | Distributed by Infoptk.