TERBARU

Cara Mengikuti serta Daftar Belajar Online / Daring Guru Pembelajaran

Kemendikbud akan meluncurkan program belajar yang sering dikenal guru adalah pendidikan dan pelatihan disingkat diklat yang selama ini hanya sau model yaitu sistem tatap muka saja, namun dengan seiring kecanggihan teknologi diklat bisa juga dilakukan dengan medium internet atau kelas online yang sering dilaksanakan oleh pelatihan jarak jauh, diklat jarak jauh memang menghemat budget pemerintah dalam penyelenggaraannya, namun akan menjadi tantangan berat bagi guru yang awam teknologi informasi, yang mengkolaborasikan jaringan internet dan pengoperasian komputer secara online.

Infoptk mencoba memperkenalkan sebagian fitur dalam proses pembelajaran yang mudah di pahami, sehingga pada saat mencoba langsung di komputer tidak menjadi begitu kaku dan membingungkan guru pembelajaran.

Sebelumnya kita harus punya akun guru pembelajaran yang bisa anda daftarkan diri anda di https://sim.gurupembelajar.id/akun/registrasi. Berikut cuplikan dan cara mengikuti proses pembelajaran daring sebagai berikut :

1. Buka kelas saya, kemudian klik "Buka semua sesi"
GP daring


maka akan terbuka beberapa bagian di tiap sesi. Di bawah sesi ada beberapa bagian sesi yang bisa dibuka dengan cara di klik. kemudian ada kotak kecil di sebelah kanan nya.

2. Klik bagian sesi tersebut satu persatu secara berurutan dari awal (INGAT Jangan LONCAT2). Pahami materi yang ada di bagian sesi tersebut (bagian sesi kadang terdiri dari beberapa halaman, pahami seluruhnya). Jika Bapak Ibu sudah membuka dan mempelajari semua bagian sesi, maka otomatis kotak yang kecil tersebut TERCENTANG. Itu artinya Bapak Ibu sudah ikuti pembelajaran. Lanjutkan ke bagian sesi berikutnya.

3. Sesi 1-4 adalah materi pembelajaran, dalam materi pembelajaran biasanya ada:
GP daring


Contoh sesi dalam kelas GP daring TK modul Kompetensi A

a. pengantar sesi (merupakan petunjuk mengikuti sesi tersebut)

b. kegiatan pembelajaran (berupa materi yang harus dipahami)

c. forum (dalam forum biasanya ada pertanyaan/kasus terkait materi yang harus Bapak ibu pecahkan atau tanggapi. Berikan jawaban, terhadap pertanyaan atau kasus tersebut. Kemudian berikan tanggapan/komentar terhadap jawaban rekan sebanyak 2 orang)

d. Lembar Kerja LK biasanya terdapat di bahan rujukan (LK tersebut WAJIB Bapak Ibu kerjakan, dengan cara : unduh terlebih dahulu (dgn cara diklik) - kerjakan LK tersebut (biasanya setelah di unduh bisa dibuka di file download di komputer Bapak Ibu) - Setelah dikerjakan (bisa secara offline) ganti nama file nya dengan format : LK (spasi) no LK (spasi) nama peserta Contoh: LK 1.2 Yeni Rosnasari. Untuk mempermudah pengelolaan file Bapak ibu diharapkan menyimpan semua file LK dalam satu file di komputer Bapak Ibu agar tidak terpisah2.
GP daring


LK = Lembar Kerja

Kemudian Meng upload LK caranya: buka e-portopolio (e-portofolio merupakan kumpulan tugas Bapak Ibu yang bisa ditemukan di menu atas di bawah blog refleksi) kemudian klik tombol "Add Contribution" (ada di bawah sebelah kiri)- pilih file LK yang akan d upload- isi titel dengan materi LK- isi konten dengan penjelasan singkat LK- klik Update Contribution untuk mengirimnya.
LK yang Bapak Ibu sudah dikerjakan dan di Upload akan diberi umpan balik oleh Pengampu, maka dari itu selalu cek e-portopolio Bapak Ibu

f. Chat sesi merupakan sarana berkomunikasi dengan kawan dan pengampu untuk mendiskusikan masalah, berbagi pengalaman terkait materi sesi tersebut.

g. Bahan rujukan adalah bahan bacaan pelajaran (biasanya berbentuk file pdf, video, word dll) yang bisa diunduh untuk lebih memahami materi. Disini juga terdapat file LK yang harus di kerjakan

h. Blog Refleksi adalah sarana untuk menceritakan pengalaman, kesan, keluhan atau pesan yang Bapak Ibu alami selama melakukan aktivitas pembelajaran di sesi tersebut.

i. Umpan Balik Sesi adalah untuk mengukur reaksi proses pembelajaran berupa "kepuasan peserta" melalui pengisian instrumen smiley face. Evaluasi ini diberikan setelah menyelesaikan 2 sesi pembelajaran, yang hasilnya digunakan untuk perbaikan pembelajaran pada sesi berikutnya.

j. Penilaian diri Bapak Ibu harus menilai sendiri hasil pekerjaan yang telah diselesaikan sesuai dengan rubrik yang disediakan

k. Tes Sumatif tes di akhir tiap sesi untuk mengukur pemahaman Bapak Ibu terhadap Materi (tes sumatif mempunyai durasi waktu, dan hanya bisa dilakukan satu kali/tidak bisa diulang)

l. Permainan Apersepsi  adalah permainan yang bisa dikerjakan Bapak Ibu terkait materi

j. Videocall ini wajib Bapak Ibu ikuti. Juknis wajib anda ikuti

Cara mendaftar di guru pemelajaran

1. Buka link https://sim.gurupembelajar.id/akun/registrasi.
2. Isikan nomor UKG 2015
3. Isi tanggal dengan format bulan/tanggal/tahun lahir contoh 12/30/1977
4. klik tengah petak sebelum "saya bukan robot"
5. cetak dengan opsi simpan/atau print username dan pasword
6. coba login dan lihat hasil UKG 2015 yang sudah memenuhi dan belum memenuhi
7. edit data anda dengan menambahkan email dan no ponsel

Untuk jelasnya silahkan lihat video di bawah ini :

Artikel Terkait

Website ""

Email : infoptkdotcom@gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/infoptkdotcom
Google + : https://plus.google.com/+opperantoni

1 komentar:

  1. Selamat siang,Pak Admin.
    saya sudah melihat hasil UKG dan Rapornya, tetapi kelas saya daring, apa yang dikerjakan lagi....?
    sedangkan di GP kelas saya itu tak bisa dibuka, mengapa bisa seperti itu... Terima kasih.

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar dan jawaban pertanyaan dari saudara kita demi kemajuan kita bersama

 
Copyright © 2016 Info PTK | Cek Dapodik | Info GTK | Info Sertifikasi
Design by FBTemplates | Distributed by Kaizentemplate.