TERBARU

Jika Data Info PTK Sudah Valid Kemudian Kembali Invalid, Inilah Penyebabnya

Jika Operator Sekolah Dapodik mendapatai permasalahan data entri dapodik yang di upload Operator Tunjangan Disdik khusus lewat aplikasi Backup Sinkron Dapodik (BSD) Invalid.
cara memperbaiki data merah pada lembar infoptk
contoh data invalid

Data Invalid setelah Sinkron BSD ?

Bagaimana tidak awalnya data mereka setelah terupdate BSD data inputan yang tercermin di Lembar Info PTK atau Cek Data Guru Hasilnya Normal atau valid sesuai hasil entri data dapodiknya namun beberapa hari kemudian data kembali invalid seorang atau beberapa ptk menjadi invalid di tandai dengan kosong dan/atau menjadi merah pada tulisannya seperti gambar di bawah

Hal ini disebabkan oleh server di P2TK yangsedang melakukan Replika dan analisa data seperti yang di jelaskan oleh Ibnu Aditya Karana lewat akun jejaring sosialnya.

"P2TK sedang melakukan replikasi ke Server Dapodik dan sedang dilakukan analisa terhadap data berdasarkan hasil sinkronisasi (bukan berdasarkan BSD lagi). Tampilan Info PTK Masih Unstabil atau tidak stabil dan tetap dipublish untuk melihat sejauh mana analisa data yang menggunakan sinkronisasi ". tegasnya

Beliau menambahakan, Ibnu Aditya Karana, Staff Database Management di Direktorat P2TK Dikdas memberikan tips atau solusi bagi Operator Sekolah (OPS):

  1. Kalau data di Info PTK sudah valid (dan sudah dapat SK Aneka Tunjangan), maka abaikan saja ketidaknormalan tersebut.
  2. Kalau mau melakukan perbaikan data, karena memang sebelumnya data di Info PTK juga belum valid, maka lakukan perbaikan data tersebut melalui Aplikasi Dapodik versi 207c dan lakukan sinkronisasi seperti dulu lagi. jadi jangan pernah lagi kirim data BSD melalui Aplikasi Simtun maupun email.

Setelah melakukan sinkronisasi dengan versi 207, tampilan di Info PTK masih belum berubah sesuai data yang terbaru. Dikarenakan ;

"Untuk lembar info PTK sementara ini P2TK sedang melakukan replikasi ke Server Dapodik dan sedang dilakukan ANALISA terhadap data berdasarkan hasil sinkronisasi"

Dapdoik versi 207c

Bagaimana jika data belum valid dengan cara apa perbaikannya, sinkronisasi adalah jalur saat ini tak untuk BSD sudah diyakinkan akan ditutup karena sifatnya hanya sementara. Jelasnya Bagi sekolah berikut Wajib Sinkronisasi dengan dapodikdas versi 207c:

  1. Bagi yang belum melakukan sinkronisasi hanya melalui BSD maka wajib melakukan syncronisasi dengan dapodikdas 207c.
  2. Perbaikan data jika terjadi masih tidak valid juga lewat jalur Sinkronisasi.
Semoga dapat membantu Saudara Operator Sekolah dan silahkan Share kepada group-group operator sekolah, mungkin saja mereka sedang mengalami permasalahan di atas.

Silahkan cek kembali lembar infoptk anda untuk memastikan kekurangan atau kesalahan anda sudah berubah atau masih tetap sama dengan mengklik (Cek Info PTK Terbaru Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016)

Artikel Terkait

Website ""

Email : infoptkdotcom@gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/infoptkdotcom
Google + : https://plus.google.com/+opperantoni

18 komentar:

  1. Apakah Dapodik versi 207 adalah yang terbaru untuk semua jenjang baik Smp,Sma/SMK? Terima Kasih

    BalasHapus
  2. Apakah Dapodik versi 207 adalah yang terbaru untuk semua jenjang baik Smp,Sma/SMK? Terima Kasih

    BalasHapus
  3. Kenapa laman info PTK tidak bisa di akses..

    BalasHapus
  4. PNS jd idaman...? amat bodoh alias bodoh amat, tu kan mecari lapangan kerja namanya, alias membuka ladang KKN doank tu hai manu...! mikir donk mikir....! sementara saya sendiri hingga sekarang belum ada cita2 tuk jd PNS, saya lebih suka n bagusnya menciptakan lapangan kerja selain membantu anak bangsa KKN-pun tak ada

    BalasHapus
  5. mengapa tugas tambahan sbagai kasek tidak valid pada info PTK, sementara pada dapodik sudah teentri dengan baik, minta masukannya !!!!

    BalasHapus
  6. kenapa syncro pada infoptk yang dibaca selalu pada tanggal 10 maret 2016. sementara kita telah mengedit data ptk di dapodik untuk ptk yang tidak valid di info ptk.

    BalasHapus
  7. kenapa synchro pada info ptk selalu yang tampil tanggal 10 maret 2016? sementara kita telah melakukan pengeditan data untuk ptk yang invalid. please help???

    BalasHapus
  8. mengapa pada info GTK status kelulusan yang tadinya sudah dinyatakan "lulus sertifikasi dengan kode bidang : 609 " dan sudah tercentang hijau kemudian berubah menjadi " Kelulusan sudah dinonaktifkan " dan tersilang merah? mohon yang bisa masukannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kasus yg sama, gimana solusinya yah?
      mohon infonya kl sdh ada solusi

      Hapus
  9. Salah dimana? Saya ikut sertifikasi tahun 2007. Selama ini tunjangan cair, namun di tahun 2015 tidak cair, padahal validasi sudah benar semua. Tp kenapa di info GTK saya dinyatakan belum sertifikasi?

    BalasHapus
  10. APAKAH BEDA CARA PENGISIAN ROMBEL APLIKASI DAPODIKMEN K 13 DENGAN CARA PENGISIAN ROMBEL APLIKASI DAPODIKMEN KTSP. TOLONG PETUNJUKNYA. TKS

    BalasHapus
  11. Saya sertifikasi th 2013 tunjangan cair 2014 sampai 2015.th ini belum cair karena info gtk saya msh ada yg merah yaitu di nomor rekening. bagaimana cara memperbaiki supaya di nomor rekening menjadi centang hijau

    BalasHapus
  12. saya sertifikasi tahun 2015, tahun 2014-2015 cair. tahun 2016 belum cair karena di info gtk masih ada silang merah, di nomor rekening. bagaimana caranya agar nomor rekening bisa centang hijau?

    BalasHapus
  13. Maaf mau tanya bagaimana dengan TK ya? apa juga menggunakan versi itu?mohon pencerahannya

    BalasHapus
  14. Saya pernah mencoba mengirim email ke email imfo ptk> Tapi ditolak. Bagaimana cara mengirim email saya itu ke email imfo ptk?

    BalasHapus
  15. kapan aplikasi versi 5.0.0. di rilis

    BalasHapus
  16. kapan sktp tahap 3 di keluarkan pak ?

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar dan jawaban pertanyaan dari saudara kita demi kemajuan kita bersama

 
Copyright © 2016 Info PTK | Cek Dapodik | Info GTK | Info Sertifikasi
Design by FBTemplates | Distributed by Kaizentemplate.