BREAKING

Cara Mudah Mengusulkan NUPTK Melalui Verval GTK http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id/app/home

Saat ini Pemerintah memberikan peluang serta cara yang mudah dalam pengusulan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) di situsa aplikasi Verval GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) dilakukan oleh operator sekolah. Dalam proses pengajuan NUPTK, operator sekolah tidak perlu lagi mengajukan NUPTK untuk setiap guru.
Penerima NUPTK Baru


Operator sekolah cukup melihat daftar Calon Penerima NUPTK melalui website Verval GTK. (http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id/app/home). Selanjutnya operator sekolah melampirkan scan dokumen asli yang menjadi persyaratan penerbitan NUPTK. Persyaratan yang dikirim oleh operator sekolah akan diverifikasi oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Setelah lolos verifikasi dokumen persyaratan, Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) akan menerbitkan NUPTK. Operator sekolah dapat melihat sejauh mana proses pengajuan NUPTK melalui aplikasi Verval GTK di status pengajuan NUPTK. 

Supaya dapat melakukan operasional di aplikasi verval GTK, operator sekolah dan operator Dinas Pendidikan Kab atau Kota yang sudah terdaftar tetap harus melakukan registrasi ulang di www.sdm.data.kemdikbud.go.id. Operator harus melampirkan SK Penugasan pengelolaan verval GTK. Guru yang belum memiliki NUPTK namun ingin memilikinya harus aktif terdata di aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) memenuhi syarat yang telah ditetapkan. Kemudian memindai/scan dokumen lalu menguploadnya di web aplikasi verval GTK. Dokumen tersebut antara lain:


  1. 1. Bagi PNS/CPNS dokumen yang discan adalah SK PNS/CPSN dan SK Penugasan dari Dinas Pendidikan.
  2. 2. Bagi Guru non PNS sekolah negeri SK pengangkatan yang ditandatangani Kepala Daerah BUPATI/WALIKOTA/Gubernur.
  3. 3. Bagi guru non PNS sekolah swasta adalah SK Pengangkatan sebagai guru Tetap Yayasan 2 tahun berturut-turut.
  4. 4. Ijasah setara SD, SMP, SMA, dan S1.


Tentang ""

Blog yang berisi artikel/tulisan seputar dunia pendidikan secara umum, serta Media Pembelajaran Email : infoptkdotcom@gmail.com Facebook : https://www.facebook.com/infoptkdotcom.

2 komentar:

  1. Mohon maaf sebelumnya, sya ingin bertanya seputar permasalahan di verval GTK ini. Kemarin saya mengajukan NUPTK bagi guru yg belum punya NUPTK melalui verval GTK ini awal berjalan lancar dan sedang dalam proses, akan tetapi kemarin saya cek di Data PTK mengapa sebagian PTK yang saya ajukan NUPT keterangan di status validasi menjadi NUPTK invalid? mohon bimbingannya, trmksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf sebelumnya... saya sebagai operator telah melakukan proses pengajuan NUPTK sesuai prosedur diatas... tetapi sampai sekarang sudah lebih dari 6 bulan tidak ada perkembangannya...

      Hapus

Silahkan berikan komentar dan jawaban pertanyaan dari saudara kita demi kemajuan kita bersama

 
Copyright © 2017 Info PTK | Cek Dapodik | Info GTK
Design by Infotpk | Distributed by Infoptk.