TERBARU

Inilah Peserta Sertifikasi Guru Jalur PLPG dan PPGJ

Inilah Peserta Sertifikasi Guru Jalur PLPG dan PPGJ - Tahapan Sertifikasi Guru adalah proses verifikasi terhadap berkas-berkas persyaratan calon peserta sertifikasi guru oleh LPMP. Sesuai Undang-undang Guru dan Dosen (UUGD) yang terbit 30 Desember 2005 ada dua pola sertifikasi guru pada tahun 2015 ini, yaitu pola Pendidikan dan Pelatihan Guru (PLPG) dan Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan (PPGJ). 
PPGJ dengan PLPG

Calon peserta Sertifikasi Guru tahun 2015 yang sudah diverifikasi, dikelompokkan sesuai awal mulai menjadi guru (TMT pendidik). Jika calon peserta sertifikasi guru telah menjadi guru sebelum tahun 2006 akan mengikuti pola PLPG. Sedangkan jika calon peserta sertifikasi menjadi guru sesudah tahun 2005 akan diikutkan sertifikasi guru pola PPGJ.

Perbedaan PLPG dengan PPGJ

PLPG

Meskipun sama-sama bertujuan untuk mendapatkan sertifikat pendidik, tetapi PLPG dan PPGJ sangat jauh berbeda. Pola PLPG hanya ditempuh selama 10 hari berupa diklat ditambah ujian tulis lokal dan ujian tulis nasional. Jika dinyatakan lulus maka peserta sertifikasi guru pola PLPG 2015 ini mendapat sertifikat pendidik dan berstatus sebagai guru profesional. 

PPGJ

Sebaliknya, sertifikasi guru melalui pola PPGJ membutuhkan waktu lebih lama. Tahapan yang harus dilalui guru peserta PPGJ adalah proses konversi dokumen RPL, workshop, PKM dan ujian tulis lokal serta ujian tulis nasional. Paling tidak waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan sertifikat pendidik adalah satu semester atau kurang lebih 6 bulan (36 SKS).

Pelaksanaan Sertifikasi Guru melalui pola PLPG tahun 2015 akan dilaksanakan lebih dulu, baru kemudian dilaksanakan sertifikasi melalui pola PPGJ. Guru yang masuk kelompok pola PLPG memiliki peluang lebih besar untuk disertifikasi pada tahun 2015 ini. 

Sementara guru yang dikelompokkan kedalam sertifikasi guru pola PPGJ masih menunggu daftar perangkingan nilai UKA atau UKG untuk kemudian diambil jumlah sebanyak kuota masing-masing provinsi. Sampai saat ini kini kuota sertifikasi guru 2015 melalui PPGJ belum dirilis.

Bagi guru yang merasa telah memenuhi syarat mengikuti sertifikasi dapat mengecek datanya secara bertahap melalui laman http://sergur.kemdiknas.go.id/sg13/. Calon peserta Sergur dapat menggunakan pencarian mengetahui status sertifikasi guru 2015 dengan pencarian menggunakan NUPTK atau dapat juga menelusurinya berdasarkan kriteria. #sertifikasi

Artikel Terkait

Website ""

Email : infoptkdotcom@gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/infoptkdotcom
Google + : https://plus.google.com/+opperantoni

58 komentar:

  1. Sepertinya guru yg malang ini gk akn pernah sertifikasi klau hrs sistem ppgj karena gk ada UANG...

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya menjadi guru sangat kecewa setelah banyaknya aturan ..tahu seperti ini tidak menjadi guru..

      Hapus
  2. PPGJ sangat memberatkan karena biayanya Mahal banget,sepertinya gua gk akn pernah sertifikasi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ENAKAN JADI PNS, GAJI GEDE KERJA SEENAK PERUT

      Hapus
  3. OPTION:
    1. kalo Guru yg sudah SERTIFIKASI (sdh menikmati tunjangan) diwajibkan untuk membayar 14juta untuk meneruskan status sertifikasinya walaupun tanpa PPGJ ulang, mungkin ada sedikit keadilan untuk semua guru
    2. Kalo nilai 14juta itu dibayar dengan potong tunjangan setelah lulus PPGJ nantinya, mungkin guru yg akan ikut PPGJ tidak keberatan
    3. kalo poin 1 guru sertifikasi tidak setuju, lebih baik bubarkan saja PGRI karena percuma organisasi TERBESAR ini ada kalo Anggota2nya tidak mau kompak, hanya memikirkan kantong pribadi dan tidak memikirkan nasib kawan2 yg BARU MAU sertifikasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa pejabat negeri ini cuma bisa maling dan rampok dan gak punya hati nurani

      Hapus
    2. Betul. Guru angkatan setelah 2005didiskriminasi. Aturan yg hrs direvisi. Uugd....

      Hapus
    3. Betul. Guru angkatan setelah 2005didiskriminasi. Aturan yg hrs direvisi. Uugd....

      Hapus
  4. maaf bukanya ppgj itu gratis alias dibiayai negara ya??? jadi bingung ....
    sebenernya yang bener yang mana infonya??

    BalasHapus
  5. Istri saya gajinYa 400 rb, trus ppgj bayar 14 jt trus ??????????????????

    BalasHapus
  6. Istri saya gajinYa 400 rb, trus ppgj bayar 14 jt trus ??????????????????

    BalasHapus
  7. Istri saya gajinYa 400 rb, trus ppgj bayar 14 jt trus ??????????????????

    BalasHapus
  8. PPGJ harus bayar....... meamng tidak ada keadilan.... Jadi sekarang kalo mau menjadi guru profesional harus punya uang banyak, prestasi dan karya tidak perlu.....

    BalasHapus
  9. PPGJ harus bayar....... meamng tidak ada keadilan.... Jadi sekarang kalo mau menjadi guru profesional harus punya uang banyak, prestasi dan karya tidak perlu.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. dasar pelaksanaan ppgj sudah adil karena selama ini guru yang sudah bersertifikat or menyandang icon profesional sebagian kecil tidak sesuai dengan kinerjanya dilapangan. cenderung salah mengartikan tunjangan yang didapat sebagaian penghasilan tambahan. padahal itu anggaran untuk pengembangan pembelajaran yang diampu guru. yang jd pertanyaan???? apa tidak malu dengan rekan - rekan guru yg blm sertifikasi tp kinerja mereka layak diberikan penghargaan.

      Hapus
  10. Kalau pemerintah gak sanggup membiayai sertifikasi pola PPG, mending gak usah sok idealis mau meningkatkan mutu guru. Kasianlah nasib guru yang belum sertifikasi jika harus menanggung beban biaya dari program pemerintah. Udah capek ehh hrs tekor pula rogoh kocek sendiri. Capek loh mikirin diklat yg katanya memakan waktu sampai 5,5 bulan. Jgn tambahin lg dgn capek mikirin biayanya dong..

    BalasHapus
  11. Dear Pemerintah yang terhormat...
    Kalau anda tidak sanggup membiayai sertifikasi guru pola PPG, gak usah sok idealis mau ningkatin mutu guru.
    Mikirin hrs diklat yg makan waktu sampai 5,5 bulan udh capek loh.. Jgn ditambah lg dong jika hrs mikirin biaya sendiri.

    BalasHapus
  12. Hapus aja sertifikasi guru, karena tidak diikuti dengan kinerja atau profesionalisme, lebih baik berikan untuk peningkatan bagi guru honorer lebih bermanfaat dan mertabat ....

    BalasHapus
  13. Klo dulu saat awal sertifikasi hanya membuat fortofolio. Total biaya jika menyuruh orla mengerjakan maksimal hanya 1jt, skrang harus PPGJ total biaya 14 jt. Mana keadilannya? kecuali kalo lulus PPGJ uang insentif sertifikasi 2 kali gaji. baru adil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maap pak... boleh kasi gambaran 14jt itu buat apa saja rinciannya... trims sebelumnya pak

      Hapus
    2. Maap pak...help berbagi perkiraan rincian 14 jt itu buat apa saja...trims b4

      Hapus
  14. Klo dulu saat awal sertifikasi hanya membuat fortofolio. Total biaya jika menyuruh orla mengerjakan maksimal hanya 1jt, skrang harus PPGJ total biaya 14 jt. Mana keadilannya? kecuali kalo lulus PPGJ uang insentif sertifikasi 2 kali gaji. baru adil.

    BalasHapus
  15. nice info...monggo jika berkenan mampir tutorial.web.id

    BalasHapus
  16. Hihihihiiii... Ngakak guling guling

    BalasHapus
  17. Biaya PPGJ sangat memberatkan terutama bagi guru yg baru diangkat, mohon dipertimbangkan lagi biaya dan lamanya waktu PPGJ. trims.

    BalasHapus
  18. Biaya dan lamanya waktu PPGJ sangat memberatkan,.

    BalasHapus
  19. Biayanya dibayar tempo aja dong? Kalau udah nerima duit sertipikasi pasti kami bayarrrrr. Pemerintah seakan memotivasi guru utk berhutang sana-sini. Kira-kira bank mana aja nih yg diajak bisnis. Uhftt! Miriiiis.

    BalasHapus
  20. aneh rasanya aku yang sudah mengajar lebih dari 25 tahun harus pelatihan, apa pejabat negeri ini gak punya otak, apa semuanya babi

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampean guru kan pak...? kenapa kata2nya seperti preman..?

      Hapus
    2. bapak.. sampean guru kan? sudah lama jadi guru? kog kata2 seperti preman?

      Hapus
  21. ok sekali Mas Rey-Chy, sangat didukung dan terus perjuangan agar prosedurnya sama dengan yang kemarin, walaupun nama dan istilahnya berbeda, atau hilangkan sama sekali sertifikasi, dan tingkatkan semua gaji guru secara bersama walaupun tidak sebesar sertifikasi

    BalasHapus
  22. mau dapat tunjangan profesi ternyata syaratnya harus jadi guru kaya terlebih dahulu! guru pas-pasan tak layak dapat tunjangan!

    BalasHapus
  23. Istri saya baru kemarin setahin persyaratan sertifikasi dg 2tmannya,lngsung dilingkari sama orng diknas disana masuk ppgj pdahal sudah berharap plpg saja krn sdah memenuhi syarat,bnyak yg protes selain istri&2 temannya tsb,,,,duit belasan juta Dari mana utk ikut platihan?makan waktu 5bulan pendidikan?mmngnya ank&suami ga di urus?dijamin Lulu's?otak2 yg bikin aturan dipake dikit lah

    BalasHapus
  24. di kota cimahi, untuk PPGJ guru SD harus punya ijazah PGSD padahal ada guru yang S1 nya dari Pendidikan Fisika UPI dan pastinya sudah punya Akta 4 juga. sudah ngajar 9tahun, dan akhirnya ga lulus verifikasi. GIMANA NIH....

    BalasHapus
    Balasan
    1. AKU JUGA BINGUNG, DIWAKTU SD KELAS 3 IBUKU PERNAH JADI GURU KELAS 2,SEKARANG JADI GURU RIBET BANGET

      Hapus
  25. iya, rumit, satu semester, mikir biaya lagi, apalagi tidak linier ijazah, harus kuliah lagi.. biaya lagi, tenaga pikiran lagi

    BalasHapus
  26. harusnya kalau sudah ikut PPG apalagi bayarnya sereting s2 jngan disuruh kuliah yang selinier lg

    BalasHapus
  27. Mohon rinciannya dr teman2 guru....anggaran perkiraan 14 jt itu buat apa saja...trims b4

    BalasHapus
  28. Mohon rinciannya dr teman2 guru....anggaran perkiraan 14 jt itu buat apa saja...trims b4

    BalasHapus
  29. ha.ha.ha..semakin lucu aneh negeri ini
    buah duku buah buah semangka...

    BalasHapus
  30. semakin aneh dan lucu PPGJ ini..seperti ikan berkepala lele

    BalasHapus
  31. Guru harus mengikuti PPGJ selama 5,5 bulan...
    Apa guru libur mengajar ya...Bagaimana materi yang diberikan bisa dipahami siswa kalu gurunya sibuk dengan urusan PPGJ ? Guru datang mengajar dan pergi untuk PPGJ..coba dikaji kembali aturan untuk sertifikasi...biar guru tidak kehilangan semangat untuk memajukan anak bangsa.....

    BalasHapus
  32. Guru harus mengikuti PPGJ selama 5,5 bulan ......
    Bagaimana siswa bisa mengikuti materi dengan baik jika gurunya harus datang dan pergi lagi untuk PPGJ.....
    Jangan menambah beban guru agar guru bisa fokus dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya untuk mengajar...
    Dengan aturan sertifikasi yang baru ini...membuat guru jadi lemah,letih dan lesuh....memikirkan 14 jt...

    BalasHapus
  33. NIKMATI AJA SEBAGAI GURU JANGAN JADI BEBAN TAR TAMBAH BEBAN" YANG PENTING SETELAH LULUS UANG LANCAR" KAN GURU TANPA TANDA JASA SELAMAT JADI GURU

    BalasHapus
  34. JANGAN DI JADIKAN BEBAN PPGJ, TAR TAMBAH BEBAN.SALAM PGRI APA YG AKKAN DI PERJUANGKAN PGRI UNTUK 2017 BISA GAK GAJI GURU INDONESIA MENCAPAI 15 JUTA/BULAN BARU MANTAP PPGJ

    BalasHapus
  35. aku mundur..gak usah sertifikasi,,,,

    BalasHapus
  36. Aku bingung jdnya...sertifikasi kok d persulit?mn keadilannya?tlg fikirkan lg ya pak....pleeeeeease

    BalasHapus
  37. knapa ikatan dokter lebih kuat dri PGRI? jwabannya krna qta yg guru g punya duit

    BalasHapus
  38. yang membuat program data dapodik apa tdk tau yah kalo smk itu banyak jurusan dan tentunya banyak lab kog yg diakui satu sekolah satu lab gimana ini

    BalasHapus
  39. Saya lulusan Teknologi Pendidikan UNESA Surabaya. Mengampu mapel PKN. Ternyata saya nggak bisa ikut sertifikasi, katanya PKN nggak inline dgn jurusan Teknologi Pendidikan, padahal ada ijazah Akta IV. Aneh bgt. Jadi buat mahasiswa Teknologi Pendidikan seluruh Indonesia siap siap kecewa. Karena jurusan kamu nggak diakui pemerintah.

    BalasHapus
  40. Jurusan Teknologi Pendidikan nggak boleh ikut sertifikasi

    BalasHapus
  41. Tahun lalu asal SK Pengangkatan di keluarkan Oleh Bupati bisa Sertifikasi, sekarang sudah ada Peraturannya 2 Tahun Kedepan.............

    BalasHapus
  42. Tahun lalu beritanya DAPAT SERTIFIKASI asal SKnya di keluarkan Oleh BUPATI, sekarang Sudah Dapat Beritanya lain Lagi minimal 2 (Dua) Tahun.

    BalasHapus
  43. PPGJ memberatkan, guru yang serti pun pulang diklat, begitu2 aja modelnya,malahan guru yang belum sertifikasi lebih BERKUALITAS

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar dan jawaban pertanyaan dari saudara kita demi kemajuan kita bersama

 
Copyright © 2016 Info PTK | Cek Dapodik | Info GTK | Info Sertifikasi
Design by FBTemplates | Distributed by Kaizentemplate.