TERBARU

Guru Honorer Tak Jadi di Gaji Sesuai UMR

Guruku sayang guruku malang
Guru Honorer Tak Jadi di Gaji Sesuai UMR tentu akan sangat mengecakan bagi honorer yang ada di Purbalingga, Gaji honorer yang berkisar 100 s/d 150 ribu Rupiah di anggap kalangan akademis sebagai upah yang tidak manusiawi, tidak mungkin seorang guru bisa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan gaji sebanyak Rp 100 ribu per bulan.

Pemerintah Daerah selalu berdalih minimnya APBD, padahal untuk memenuhi standar gaji guru honorer tidak melebihi 10% APBD . Sedangkan Anggaran Infrastruktur bisa mancapai 30% lebih rata-rata setiap daerah di Indonesia. Gaji merupakan masalah kemanusiaan, pemenuhan kebutuhan seorang manusia, namun infrastrukut yaang merupakan masalah ekonomi di utamakan.

Infoptk.com melansir dari Republika (17/03/2015), di Kabupaten Purbalingga untuk memberikan upah hanya Rp 100 ribu sampai Rp 150 ribu per bulan saja membutuhkan anggaran Rp 6 miliar. Ini karena jumlah guru honorer yang tidak sedikit. 

"Saat ini saja, dengan honor hanya Rp 100 ribu hingga Rp 150 ribu per bulan, kita harus menyediakan anggaran lebih dari Rp 6 miliar," kata Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto.

Jumlah guru atau tenaga honorer bidang kependidikan terus bertambah. Para guru honorer tersebut diangkat dengan menggunakan SK kepala sekolah atau SK komite sekolah di masing sekolah. Bupati sudah tidak bisa mengeluarkan SK tentang guru honorer. Daerah juga tidak dapat melarang perekrutan guru honorer tersebut, karena kenyataannya jumlah guru PNS di banyak daerah masih kurang.


"Saya sebenarnya juga prihatin dengan nasib mereka. Tapi kalau untuk menjadikan mereka CPNS, juga tidak mungkin karena tidak mungkin saya melanggar aturan dari pusat," imbuh Sukento.

Artikel Terkait

Website ""

Email : infoptkdotcom@gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/infoptkdotcom
Google + : https://plus.google.com/+opperantoni

1 komentar:

  1. Kapn sejahtera guru honor dgn gaji yg sama sekli tidK maksimal....guru honor yg sdh punya klurga sndiri apa cukup membiayai ank dan istri'y dgn gaji sangat minim..itupun kadang di byar 3 bln sx baru dikasih honor..mw makan apa kluarga guru honor.coba bayangkan..pkerjaan yg mulia tp tak sbnding dngn uphnya..tolong dipikirkan kmbali..

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar dan jawaban pertanyaan dari saudara kita demi kemajuan kita bersama

 
Copyright © 2017 Info PTK | Cek Dapodik | Info GTK | Info Sertifikasi
Design by FBTemplates | Distributed by Kaizentemplate.