TERBARU

Buku Tanya Jawab Ekuivalensi Bagi Guru yang Sekolahnya Kembali Menggunakan KTSP

Tanya Jawab Tentang Ekuivalensi

Buku Tanya Jawab Ekuivalensi Bagi Guru yang Sekolahnya Kembali Menggunakan KTSP - Berikut ini adalh buku panduan untuk guru SMP/SMA/SMK yang melaksanakan kurikulum 2013 pada semester 1 menjadi kurikulum KTSP 2006 pada semester 2.

Buku ini panduan ekuivalensi ini di terbitkan oleh P2TK Kemendikbud bertujuan untuk mempermudah guru untuk memahami tentang ekuivalensi jam pembelajaran guru SMP/SMA/SMK agar bisa memenuhi jam tatap muka per minggu minimal 24 jam, yang tertuju untuk guru yang telah bersertifikasi jika kekurangan jam tatap muka perminggu karena peralihan kurikulum 2013 ke kurikulum KTSP 2006.

BACA JUGA :  Permendikbud No 4 tahun 2015 tentang Ekuivalensi Kegiatan Pembelajaran atau Pembimbingan Bagi Guru

Berikut ini cuplikan Buku Tanya Jawab Ekuivalensi Bagi Guru yang Sekolahnya Kembali Menggunakan KTSP pada halaman 8 tanyantersebut :

Bagi siapa saja ekuivalensi itu berlaku?

Kegiatan pembelajaran/pembimbingan di luar tatap muka yang dapat diekuivalensikan sebagai bagian dari pemenuhan beban kerja tatap muka minimal  24 j am per  mi nggu,  di per unt uk k an bagi guru SMP/SMA/SMK yang mengajar  mata pelajaran tertentu pada rombongan belajar yang melaksanakan Kurikulum 2013 pada semester pertama menjadi Kurikulum Tahun 2006 pada semester kedua tahun pelajaran 2014/2015.

Apa tujuan dilakukannya ekuivalensi? 

Mengatasi permasalahan guru yang bersertiļ¬kat pendidik yang mengaj ar  mata pel aj aran tertentu pada rombongan bel aj ar di SMP/SMA/SMK yang sebelumnya menggunakan kurikulum 2013, kemudian menggunakan kurikulum tahun 2006 untuk memenuhi beban mengajar minimal 24 jam tatap muka per minggu.

Apakah ekuivalensi dimaksud berlaku untuk semua guru di semua rombel?

Tidak. Ekuivalensi berlaku hanya bagi guru SMP/SMA/SMK yang mengajar mata pelajaran tertentu pada rombongan belajar yang melaksanakan Kurikulum 2013 pada semester pertama  tahun pelajaran 2014/2015 menjadi Kurikulum Tahun 2006  pada semester kedua tahun pelajaran 2014/2015. Sebagai contoh, seorang guru mata pelajaran matematika yang mengajar pada rombel kelas 7/8 dan 9 atau rombel kelas 10/11 dan 12, ketika semua rombel tersebut kembali ke Kurikulum Tahun 2006, guru tersebut dapat melakukan ekuivalensi pembelajaran/pembimbingan hanya untuk rombel kelas 7/8 dan kelas 10/11. Adapun bagi rombel kelas 9 dan 12 tidak dapat diberlakukan ekuivalensi pembelajaran/pembimbingan karena belum pernah melaksanakan Kurikulum 2013 pada tahun pelajaran 2014/2015.

Mata pelajaran apa saja yang boleh dilakukan ekuivalensi pembelajaran/pembimbingan untuk pemenuhan beban mengajar guru dan pada jenjang pendidikan apa?

Bukan mata pelajaran yang diekuivalensikan kegiatan pembelajarannya, tetapi guru SMP/SMA/SMK yang mengajar mata pelajaran tertentu pada rombongan belajar yang melaksanakan Kurikulum 2013 pada semester pertama menjadi Kurikulum  Tahun 2006  pada semester kedua tahun pelajaran 2014/2015 yang dapat melakukan ekuivalensi kegiatan pembelajaran/pembimbingan di luar tatap muka sebagai bagian dari pemenuhan beban kerja tatap muka minimal 24 jam per minggu. Merekayang terkena dampak adalah yang mengajar:


Untuk lebih lengkap dan komprehesip tentang segala ekuivalnesi jam tatap muka guru per minggu minimal 24 jam silahkan download "Buku Tanya Jawab Ekuivalensi Bagi Guru yang Sekolahnya Kembali Menggunakan KTSP" dengan mengklik banner download

Buku Ekuivalensi


Terima kasih telah membaca tulisan infoptk.com dengan judul : Buku Tanya Jawab Ekuivalensi Bagi Guru yang Sekolahnya Kembali Menggunakan KTSP

Artikel Terkait

Website ""

Email : infoptkdotcom@gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/infoptkdotcom
Google + : https://plus.google.com/+opperantoni

Poskan Komentar

Silahkan berikan komentar dan jawaban pertanyaan dari saudara kita demi kemajuan kita bersama

 
Copyright © 2016 Info PTK | Cek Dapodik | Info GTK | Info Sertifikasi
Design by FBTemplates | Distributed by Kaizentemplate.